Berbahagia dgn Berbagi

Berbahagia dgn Berbagi, blog ini berisi sharing info tentang olahraga, organic food, kesehatan, gaya hidup, dan seputar konsultasi sumber daya manusia serta info rumah. I would like to share with you and wish you got benefit happy reading. ulansafitri@gmail.com

Penggunaan Pestisida dengan cara tepat

Penggunaan Pestisida dengan cara yang tepat

Penggunaan Pestisida dengan cara yang tepat agar tidak mencemari lingkungan - Kita mengaharapkan penggunaan pestisida yang relatif merata d seluruh daerah, tidak mencemari lingkungan hidup karena dampak negatifnya sangat besar terhadap kehidupan manusia diantaranya berupa gangguan sistem syaraf pusat, gangguan sistem pencernaan, gangguan pernapasan, gangguan atau kerusakan kulit, kerusakan sistem reproduksi dan lainnya. Contoh lain dari gejala-gejala keracunan akut oleh insektisida organofosfat dalam tubuh manusia adalah koma, sakit kepala, penglihatan kabur, mata berair, muntah, susah bernafas, keram perut, gemetar, muscular lemah dan gejala lainnya.
Pestisida / pesticide berasal dari pest yang berarti hama, dan cide yang berarti racun hama. Pestisida dapat didefinisikan sebagai bahan yang digunakan untuk mengendalikan populasi jasad yang dianggap sebagai pest, secara langsung maupun tidak langsung merugikan kepentingan manusia. Hama adalah segala organisme yang kehadiran dan aktivitasnya pada pertanaman berinterfensi dengan kepentingan manusia (Rauf 2008). Yang termasuk hama dalam pengertian diatas antaralain adalah berbagai faktor bisa dari perantara penyakit – penyakit pada manusia dan hewan, jasad perusak kayu dan bangunan, jasad yang merupakan pengganggu dan penyakit yang merusak tanaman dan hasil pertanian. Yang termasuk pestisida ini antara lain adalah insektisida (racun serangga), rodentisida (Racun tikus), fungisida (racun jamur), herbisida (racun rumput), dan fumigan. Untuk melindungi manusia dan kelestarian lingkungan, pemerintah indonesia telah menetapkan zat-zat kimia atau bahan lain yang termasuk dalam pestisida (Munaf 1995)
Pestisida digunakan untuk
-          Memberantas atau mencegah hama-hama dan penyakit-penyakit yang merusak tanaman atau hasil-hasil pertanian
  • -          Memberantas rerumputan
  • -          Mematikan daun dan mencegah pertumbuhan tanaman atau bagian-bagian tanaman tidak termasuk pupuk
  • -          Memberantas atau mencegah hama-hama luar pada hewan-hewan piaraan dan ternak,
  • -          Memberantas atau mencegah hama-hama air
  • -          Memberantas atau mencegah binatang-binatang dan jasad-jasad renik dalam rumah tangga, bangunan dan dalam alat-alat pengangkutan
  • -          Memberantas atau mencegah binatang-binatang yang perlu dilindungi dengan penggunaan pada tanaman, tanah atau air. 

 
Copyright © 2014 Berbahagia dgn Berbagi - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info