Berbahagia dgn Berbagi

Berbahagia dgn Berbagi, blog ini berisi sharing info tentang olahraga, organic food, kesehatan, gaya hidup, dan seputar konsultasi sumber daya manusia serta info rumah. I would like to share with you and wish you got benefit happy reading. ulansafitri@gmail.com

7 Pola Makan Yang Baik

7 Pola Makan Yang Baik
Bicara persoalan makan atau minum selama ini kita anggap biasa saja,  padahal makan adalah perintah Allah.
Banyak sekali perintah makan dijelaskan dalam Al-Qur’an,
يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan ( Al Mukminun 51 )
Maka “kenali diri kita”, kesehatan itu bermula dari apa yang kita makan, memang umur di tangan Allah, tapi kesehatan itu ditangan kita. Perjalanan kita masih panjang, masih banyak tugas-tugas selanjutnya yang akan  kita lakukan, dan itu perlu “Fail” dan itu adalah kita.
Berikut ini dijelaskan tentang pola makan yang dicontohkan oleh Syaykh, sbb :
1. Bangun Tidur pagi, segera minum +/- 600 ml ( air dihabiskan paling lama dalam10 menit )
2. Setelah itu biasanya ke belakang ( buang air kecil atau besar ), mandi / whuduk
3. Sholat Shubuh
4. Minum Jamu ( ramuannya menyusul )
5. Makan Pagi, (30 menit- 1 jam ) waktunya harus tetap dan tepat dan jangan berubah-ubah, tentunya yang paham aktivitas kita sehari-hari adalah kita sendiri, sehingga kapan  waktu yang tetap dan tepat untuk makan pagi
Menu pertama, makan buah-buahan, seperti tomat, ketimun, wortel ( ke 3 buah ini wajib ada, 1 buah tomat, 1 buah  ketimun, 2 buah wortel ) dan buah yang lain boleh berganti-ganti.
Selanjutnya makan sayur-sayuran mentah, daun bawang 1-2 lembar, sawi (cesim hijau), kacang panjang 3 lanjar, kunyit  1jari, kencur 1 jari, jahe 1 jari ( +/- 3 cm ), boleh ditambah sayur-sayur  lainya.
Jangan  lupa harus ada tempe ( bacem yang dimasak pake gula merah/ gula aren ), “  mulai sekarang tinggalkan gula pasir “ !!
Lauknya, ikan boleh dikukus / di goreng ( pakai minyak zaitun ) dan bagusnya ikan laut.
Boleh makan pakai bumbu kacang atau sambal, selera masing-masing
Setelah itu baru makan nasi 2-3 sendok makan ( bagusnya nasi merah ).
Minum air putih paling cepat ½ jam setelah makan, lebih baik 1 jam setelah makan ( 600 ml )

Minum Kopi, waktu terbaik adalah pk 10.00 – 12.00, sebanyak 1 gelas, bagus buat jantung dan otak.  Minum kopi , Prinsip tidak boleh  lebih dari 3 sendok makan/hari.

6. Makan Siang , pk 12.00- 13.00
Sebelum makan siang,  minum juice (buah)  apa saja.
Menu makan  siang, sebagaimana menu makan pagi, tinggal di modifikasi buah dan sayurannya, prinsip untuk buah  tomat, ketimun dan wortel harus selalu ada, dan kunyit, kencur, dan jahe harus selalu ada.
Minum air, waktu dan volumenya sebagaimana makan pagi.

7. Makan Sore pk 17.00-17.30
Menu sama seperti makan  pagi dan siang, tinggal dimodifikasi buah dan sayurannya.
Minum terakhir pk 18.00, setelah itu tidak boleh makan dan minum s.d pagi
Jika terasa lapar sekali, boleh makan tapi buah, buah apel (lokal), dan harus dikunyah sehalus-halusnya. Ini berguna untuk membersihkan  usus kita.
Jika usus sudah bersih, absorpsi ( daya serap usus) terhadap zat-zat makanan akan maksimal,  tubuh akan menjadi lebih sehat.

Tipps :
1. Untuk membersihkan makanan  dari pestisida dan kuman-kuman, sebelum kita makan, buah dan sayuran, dicuci dengan air panas mendidih, atau dibilas dengan air perasan jeruh nipis atau air cuka. Lebih bagus lagi jika sayuran  dan buah kita tanam sendiri.
2. Tantangannya adalah bosan dengan menu itu secara terus menerus, godaan dari makanan lain, maka tekad untuk sehat harus kuat dari diri sendiri.

Testimoni : jika kita makan dengan pola ini 3 bulan terus menerus, kita akan merasakan fisik seperti kondisi fisik 10 tahun yang lalu. Lebih muda lebih sehat. Selamat mencoba.

 
Copyright © 2014 Berbahagia dgn Berbagi - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info